Cara klaim JNE YES Tidak Tepat Waktu

Cara klaim JNE YES Tidak Tepat Waktu

cara klaim jne yes tidak tepat waktu

Cara klaim JNE YES Tidak Tepat Waktu

JNE merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman barang terbesar yang ada di Indonesia. JNE memiliki beberapa pilihan service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengirim. Pilihan service yang tersedia saat ini yaitu REG (Reguler), OKE (Ekonomi), YES (Kilat) YES singkatan dari Yakin Esok Sampai, dan JTR (JNE Trucking / Kargo).

Urutan tarif dari yang terendah ke yang tinggi yaitu OKE-REG-YES, jika barang yang dikirim beratnya 10kg keatas (misalnya), tarif JNE Trucking akan jauh lebih murah dibandingkan 3 service yang lain. Untuk perhitungan tarif JNE Trucking bisa cek postingan kami => Info Tentang JNE Trucking

Tidak semua daerah pengiriman yang dituju tersedia service YES, karena ada beberapa daerah yang tidak mungkin dijangkau dalam waktu 1 hari.

Untuk service YES, JNE memberikan garansi uang kembali jika barang tidak sampai dalam waktu satu hari. Satu hari disini bukan 24 jam setelah barang kita diinputkan pada counter / agen JNE, melainkan keesokan harinya, bisa sampainya pagi, siang, atau bahkan malam, tergantung kurir yang mengantarnya.
Untuk JNE YES, barang akan tetap diantar ke alamat meskipun hari libur, hari minggu, ataupun tanggal merah, akan tetapi jika pengiriman ke alamat kantor, ada kemungkinan tidak akan diantar jika bukan hari kerja. Nah jika sobat menggunakan alamat kantor, ada kemungkinan paket akan diantarkan malam hari, dan jika kantor sudah tutup atau tidak ada security biasanya paket akan dibawa lagi dan akan diantar ulang keesokan harinya.

Baca juga:
Cara mendapatkan bonus dari JNE
Cara mendapatkan kode booking JNE di shopee, bukalapak, tokopedia
Cara mengganti nomer resi di shopee

Jangan lupa tanyakan saat ingin mengirim, apakah barang bisa sampai besok atau tidak?. Karena kebanyakan agen JNE hanya ada pickup satu kali sehari. Misal dipickup setiap jam 4 sore, jadi meskipun kita antar paket dan diinput jam 10 pagi, paket kita akan tetap dipuckup pada jam 4 sore, dan jika kita kirim paket jam 5 sore (sudah lewat waktu pickup) maka paket kita akan dipickup jam 4 sore keesokan harinya (dihitung pengiriman hari esok), jadi paket kita yang YES akan sampai lusa jika tidak ada kendala.

Untuk menghidari kendala-kendala, usahakan alamat yang kita cantumkan sudah sangat lengkap, mulai dari nama penerima, nama jalan, nomor rumah, RT/RW, kecamatan, kelurahan, kode pos, nomor telepon penerima yang bisa dihubungi, kalau bisa diberi patokannya juga, misal dekat sekolah A, atau yang lainnya.

Jika paket YES kita tidak sampai dalam waktu satu hari yang dikarenakan kendala dari pihak JNE, kita bisa mengajukan klaim uang kembali.

Bagaimana cara klaim JNE YES yang tidak tepat waktu?
Untuk klaim JNE YES yang telat, tentu ada prosedurnya. Yang pertama yaitu sobat harus menghubungi nomor telepon Custumer Service JNE yaitu (021) 29278888. Sobat bisa bicarakan soal paket YES yang telat, jangan lupa siapkan nomor resi pengirimannya, nanti akan ditanyakan oleh CS, Jika CS JNE sudah mengecek dan menyetujui klaim, sobat bisa mendatangi agen JNE tempat sobat mengirim paket, untuk mengisi form pengajuan klaim.
Perlu diketahui yang bisa mengajukan klaim hanya pihak pengirim, pihak penerima tidak bisa.
Pengajuan klaim biasanya maksimal 2 minggu setelah laporan / form klaim diterima.

Untuk Form klaim bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini [klik gambar untuk memperbesar] :

cara klaim jne yes yang telat

Form ini bukan hanya digunakan untuk klaim paket YES telat saja, tapi juga yang lainnya, seperti barang hilang, barang yang diasuransikan rusak, dll.
Silahkan sobat isi sesuai dengan kebutuhannya.

Jika sudah diisi dengan lengkap, sobat tinggal menunggu penggantian ongkirnya, bisa melalui transfer ataupun cash, sesuai dengan pilihan sobat.

Jangan lupa pertimbangkan biaya untuk menelepon ke CS JNE nya. jangan sampai biaya teleponnya melebihi ongkos kirim YES tersebut, yang ada malah rugi.

Nahh itu dia penjelasan tentang cara claim JNE YES yang tidak tepat waktu.
Semoga bisa bermanfaat.
Terimakasih.


Share this:

Tidak ada komentar